FAIZAH, LISTA (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL COMPLETE SENTENCE (PTK Di Kelas IV SDN Pagadungan 2 Kecamatan Karang Tanjung). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
cover lista.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (17kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN DEPAN SKRIPSI)
Lampiran depan bersyukur lengkap.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (401kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BAGIAN BELAKANG SKRIPSI)
Lampiran belakang bersyukur.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (606kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
Skripsi_lista_bersyukur.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS pada kelas IV SDN Pagadungan 2 yang pada umumnya guru masih menggunakan metode konvensional yakni proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru saja(teacher center). Kurang melibatkan siswa Sehingga siswa kurang mandiri dalam belajar bahkan cenderung pasif ( diruang kelas siswa duduk, diam dan dengar) sehingga banyak yang tidak mampu menjawab pertanyaan guru dan banyak siswa yang asik bermain sendiri. Ini menyebabkan hasil belajar siswa pun masih banyak yang belum mencapai KKM, model Complete Sentence yang digunakan peneliti dalam PTK ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan model Complete Sentence pada pembelajaran IPS dalam materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam 2). Bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam dalam menggunakan model Complete Sentence. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menerapkan model Complete Sentence pada pembelajaran IPS dalam materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam, 2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi aktivitas ekonomi dan sumber daya alam dalam menggunakan model Complete Sentence. Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan aktivitas ekonomi dan sumber daya alam adalah Complete Sentence. Model penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart, dan dilaksanakan dalam 2 siklus dimana pada setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, penerapan model Complete Sentence terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Terlihat pada hasil belajar siswa pada pra siklus persentase ketuntasan belajar siswa yang awalnya hanya mendapat 18,75%. Pada tahap siklus I persentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 37.5%. Sedangkan pada tahap siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 81.25%. maka hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebanyak 43.75%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | MODEL COMPLETE SENTENCE |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 25 Apr 2017 09:19 |
Perubahan Terakhir: | 25 Apr 2017 09:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/428 |
Actions (login required)
Lihat Item |