Refiani, Desy Ayu (2019) Kemampuan mengenal huruf melalui balok huruf (PTK di TKIT Afta Banten Kelompok B Usia 5-6 Tahun). Diploma atau S1 thesis, UIN SMH BANTEN.
|
Teks
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (424kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (288kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (502kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA skripsi-1.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (242kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Desy Ayu Refiani. 152600016. 2019. Kemampuan mengenal huruf melalui balok huruf (PTK di TKIT Afta Banten Kelompok B Usia 5-6 Tahun). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media balok huruf pada anak kelompok B di TKIT Afta Banten. Kemampuan mengenal huruf yang ditingkatkan ialah menyebutkan huruf, menunujukkan huruf, dan menghubungkan hurf. Penelitian ini dilakukan karena ada permasalahan dalam mengenal huruf di kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Subjek penelitian ini sebanyak 19 anak. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf menggunakan media balok huruf. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi daftar cek (check list). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik dekriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf anak kelompok B di TKIT Afta Banten dapat ditingkatkan menggunakan media balok huruf dalam proses permainan media tebak huruf pada balok huruf anak dibuat kelompok dan bermain secara bergantian kemudia anak memainkan sesuai instruksi guru yaitu menyebutkan huruf, menunjukkan huruf, dan menghubungkan huruf. Hasil penelitain menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal huruf yaitu pada kondisi awal sebesar 59,78%, meningkat pada siklus I menjadi 73,53%, dan siklus II meningkat sebesar 83,42%. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, media balok huruf.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2019 05:31 |
Perubahan Terakhir: | 16 Aug 2019 05:31 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/4269 |
Actions (login required)
Lihat Item |