Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat).

Noviyanti, Noviyanti (2019) Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SMH BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (161kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN)
surat pernyataan skripsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (399kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (441kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB 4 BENER BANGET.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (580kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (262kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Noviyanti, 142400748. 2018. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar IPA meteri sifat-sifat cahaya. (kuasi eksperimen kelas V di MIS Mathla’ul Anwar Tangerang-Putat). Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kesesuaian model pembelajaran pada metari Ilmu Pengetahuan Alam, penelitian ini dilaksanakan MIS Mathla’ul Anwar Tangerang. Kesesuaiaan dan ketepatan penggunaan model pembelajaran perlu diperhatikan guna tercapainya peningkatan hasil belajar siswa. Peneliti menggunakan model discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medel discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa MIS Mathla’ul Anwar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Mathla’ul Anwar diambil dengan cara melalukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Teknik analisis data menggunakan uji t melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Penelitian ini menggunakan Pretest-Postest non equivalent Control Group Design. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hitung pada uji t kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05 (Sig< 0,05). Kata Kunci :model discovery learning, hasil belajar siswa

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: M.Pd artina Subhan
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2019 01:34
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2019 01:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3696

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.