Juhaeni, Joni (2019) Pengaruh Supervisi Pengawas dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) terhadap Efektivitas Manajemen Sekolah (Studi di MI Se-Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks (BAB I)
BAB I.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (44kB) |
||
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (608kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (556kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (943kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
Daftar isi dan judul.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (437kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan adalah salah satu aspek terpenting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Guru sebagai agen utama pembelajaran mempunyai peran yang cukup besar dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional maupun peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun demikian, kinerja guru khususnya di lembaga-lembaga pendidikan Islam dinilai masih rendah karena beberapa faktor, diantaranya pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang belum maksimal dan kurangnya kesadaran guru terhadap Administrasi Manajemen sekolah. Untuk itu penelitian ini mempunyai beberapa rumusan masalah yang membahas tentang: (1) Pengaruh Supervisi Pengawas, (2) Pengaruh Penilaian Kinerja Guru (PKG) terhadap Efektivitas Manajemen Sekolah. Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini dirancang menggunakan metode penelitian kuantitatif model regresi linear berganda. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru pengajar pada Sekolah Tingkat Dasar (MI) di wilayah Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang Banten yang berjumlah sepuluh sekolah, yaitu: MIS Raudhatut Tullab Kemiri, MIS Raudatul Mubtadiin Kandayakan Kemiri, MIS Matlaul Anwar Karang Anyar Kemiri, MIS Al-Husna Kemiri, MIS Matlaul Anwar Patramanggala, MIS Darut Taufiq Kemiri, MIS Darul Muhajirin Kemiri, MIS Matlaul Anwar Klebet II Kemiri, MIS El Madina Kandayakan Kemiri dan MIS Nurul Hikmah, yang berjumlah 102 responden. Peneliti menggunakan 20 % sampling untuk pengambilan sampel penelitian, dan menggunakan angket sebagai instrumen untuk mengumpulkan data inti. Data-data tambahan dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengaruh Supervisi Pengawas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Managemen Sekolah dengan hasil t-hitung sebesar 2.917 dan t-tabel pada taraf 95% sebesar 2.576, (2) Penilaian Kinerja Guru (PKG) berpengaruh terhadap Efektivitas Manajemen Sekolah dengan hasil 11.02 > 2.576, (3) Pengaruh Supervisi Pengawas dan Penilaian Kinerja Guru (PKG) berpengaruh secara simultan terhadap Manajemen Guru, dengan hasil perhitungan regresi berupa F- hitung sebesar 94.703 dan F-value sebesar 8.077, dan hasil analisis koefisien regresi membuktikan bahwa kedua variabel bebas ini memiliki signifikansi searah (positif) dan berkesesuaian baik dan memberikan pengaruh sebesar 70,3% terhadap Administrasi Guru dan 29,7% residual.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Supervisi Pengawas, Penilaian Kinerja Guru, Efektivitas Manajemen Sekolah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | M.Pd artina Subhan |
Tanggal Disetorkan: | 25 Mar 2019 02:20 |
Perubahan Terakhir: | 05 Jun 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3602 |
Actions (login required)
Lihat Item |