Efektivitas Penerapan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Cikupa Kab. Tangerang).

SOPIAH, SITI (2018) Efektivitas Penerapan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Studi di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Cikupa Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (25kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I REVISIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (314kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II SKRIPSI REVISI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III REVISIAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (619kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB IV)
BAB IV Revisian.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (217kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.doc
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (38kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi Efektivitas Penerapan Metode Kisah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Studi di Kelas VIII MTs Miftahul Jannah Cikupa Kab. Tangerang. Latar belakang penelitian ini adalah dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja dan rendahnya hasil belajar siswa, sedangkan guru sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah dituntut untuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi perlu adanya variasi metode pembelajaran yanng relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan. Penerapan metode Kisah bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan agama Islam, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak, dengan metode tersebut selain bisa cepat menyentuh di hati para siswa juga tidak mudah membuat bosan dan dimengerti materi yang disampaikan oleh pendidik. Pendekatan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melalui tiga langkah metode. langkah pertama; Observasi, mengamati segala kegiatan belajar mengajar, identifikasi kebutuhan pembelajaran, juga mengamati materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, langkah kedua; Wawancara, mewawancarai Guru dan Siswa dalam kegiatan belajar mengajar yang telah peneliti amati. Langkah ketiga; Dokumentasi, mendokumentasikan segala sesuatunya baik berbentuk data yakni antara lain data administrasi, data pendidik, peserta didik dan data gambar pelaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penerapan metode kisah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak “sangat baik” efektif. Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran itu efektif yaitu antusiasme siswa selama proses pembelajaran, keaktifan siswa dan hasil evaluasi yang semakin meningkat. Selain itu sekolah juga memainkan peranannya sebagai lembaga pendidikan dengan menyediakan sarana dan prasarana yang memadai. Jadi dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode Kisah dalam pembelajaran Akidah Akhlak cukup efektif pada siswa kelas VIII.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 13 Des 2018 01:20
Perubahan Terakhir: 13 Des 2018 01:20
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3200

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.