Noviyanti, Noviyanti (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Teks (COVER)
CAVER PAI.doc Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (6MB) |
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (61kB) |
|
Teks (BAB I -V)
Skripsi BAB 1-5.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) |
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (27kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalen Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII MAN 1 Kota Serang dengan jumlah 299 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 siswa untuk kelas kontrol dan 34 siswa untuk kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknis analisis statistik yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: motivasi belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata sebesar 87,32. motivasi belajar pada kelas kontrol dengan rata-rata sebesar 76,97. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji-t, data hasil perhitungan perbedaan rata-rata post-tes kedua kelompok diperoleh nilai t hitung sebesar 7,41, sedangkan t tabel dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 66 sebesar 2,00. Maka dapat dikatakan bahwa t hitung > t tabel yang berarti hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran reciprocal teching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XII IPS 3 MAN 1 Kota Serang. Adapun pengaruh penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih sebesar 13,44 %. Sedangkan sisanya 86,56 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang memerlukan penelitian lebih lanjut
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 22 Nov 2018 01:29 |
Perubahan Terakhir: | 22 Nov 2018 01:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/3015 |
Actions (login required)
Lihat Item |