Nasuhah, Iswatun (2018) Pengaruh Komunkasi Personal Guru Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (146kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (9kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (181kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (338kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III new.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (401kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (369kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi personal guru merupakan interaksi dalam pembelajaran untuk mengembangkan motivasi dalam diri siswa. Melalui komunikasi personal, seorang guru dapat memberikan arahan dan dorongan kepada anak didiknya dalam meningkatkan motivasi belajar terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Komunikasi Personal adalah suatu proses penyampaian pesan oleh komunikator (pengirim pesan) kepada komunikan (penerima pesan) melalui media yang bertujuan untuk merubah dan membentuk perilaku anak didik setelah mempelajari beberapa materi yang telah diajarkan oleg guru di sekolah. Berdasarkan latar beakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimna komunikasi personal guru di SMA Negeri 5 Cilegon? 2) Bagaimana motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon? 3) Apakah terdapat pengaruh komunikasi personal guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon? Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui komunikasi personal guru di SMA Negeri 5 Cilegon. 2. Untuk mengetahui motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon. 3. Untuk mengetahui pengaruh personal guru terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Cilegon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Cilegon, dengan jumlah sampel 42 orang dari populasi 168 dengan jumlah 168 orang. Populasi diambil dari kelas 10 SMA Negeri 5 Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif survay dengan tekhnik pengumpulan data: Pengamatan (Observasi), wawancara (Interview), angket (Quesioner), dan studi pustaka. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah: berdasarkan hasil analisis korelasi dengan menggunakan Product Momment (rxy) diperoleh r = 0,89. Hal ini menunjukan bahwa antara komunikasi personal guru (Variabel X) dengan motivasi belajar pendidikan agama islam (Variabel Y) terdapat korelasi yang sedang/cukup. Adapun kontribusi komunikasi persoanal guru (Variabel X) terhadap motivasi belajar pendidikan agama islam (Variabel Y) diketahui 79,21% pengaruh komunikasi personal guru terhadap motivasi belajar pendidikan Agama Islam.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2018 06:08 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2018 06:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2981 |
Actions (login required)
Lihat Item |