Muslim, M. (2018) Implementasi Budaya Baca Dan Pengamalan Nilai-Nilai Al-Qur’an Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi di SMAN 11 Nanggung Kecamatan Cikedal). Magister thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
Caver.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (162kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN)
Pernyataan Keaslian.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (553kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (359kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (515kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (405kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (396kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (122kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (310kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Budaya baca adalah suatu proses yang dilakukan pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan penulis melalui media bahasa. Al-Qur’an adalah kitab yang berisi firman Allah Swt yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui malaikat Jibril dengan menggunakan bahasa Arab dan dijadikan sebagai pedoman hidup manusia didunia dan akherat. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi budaya baca al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di sekolah SMA Negeri 11 Pandeglang? (2) Bagaimana cara mengamalkan nilai-nila al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 11 Pandeglang? (3) Bagaimana Implementasi budaya baca dan pengamalan nilai-nilai al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 11 Pandeglang? Tujuan penelitiannya adalah (1) Untuk mengetahui implementasi budaya baca al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di sekolah SMA Negeri 11 Pandeglang. (2) Untuk mengetahui cara mengamalkan nilai-nila al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 11 Pandeglang. (3) Untuk mengetahui implementasi budaya baca dan pengamalan nilai-nilai al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 11 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif sebagai media untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi budaya baca dan pengamalan nilai-nilai al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa di SMAN 11 Pandeglang cukup baik, karena siswa diwajibkan membaca al-Qur’an sebelum dimulainya pelajaran. (2) Pengamalan nilai-nilai al-Qur’an dalam pengembangan kecerdasan emosional siswa cukup baik, karena dalam membaca al-Qur’an siswa dapat menghayati, meresapi dan merasakan tenang, damai dan lepas dari semua masalah. Ayat al-Qur’an yang dibaca biasanya yang berhubungan dengan kemudahan dalam memahami pelajaran, kecerdasan, perilaku sehari-hari, toleransi, sopan santun dan etika dalam berinteraksi antar sesama. (3) Upaya SMA Negeri 11 Pandeglang dalam meningkatkan kemampuan budaya baca al-Qur’an cukup baik, hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan tadarus setiap hari senin setelah upacara dan hari jum’at sebelum masuk kelas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2018 02:19 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2018 02:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2772 |
Actions (login required)
Lihat Item |