ALWI, AHMAD (2018) ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGIPEMASARAN PRODUK DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL (Studi BMT El-hamid 156 Pekarungan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (140kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (214kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (288kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB IV)
BAB IV.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (201kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (246kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (13kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Baitul Maal wat Tamwil (BMT) merupakan suatu lembaga yang terdiri dari dua istilah, yaitu Baitul Maal dan Baitul Tamwil. Baitul Maal lebih mengarah pada usaha-usaha pengumpulan dan penyaluran dana yang non profit, seperti: zakat, infaq, dan sedekah. Adapun Baitul Tamwil sebagai usaha pengumpulan dan penyaluran dana komersial. Usaha-usaha tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari BMT sebagai lembaga pendukung kegiatan ekonomi masyarakat kecil dengan berlandaskan Islam. Lembaga ini didirikan dengan maksud untuk memfasilitasi masyarakat bawah yang tidak terjangkau oleh pelayanan bank Islam atau BPR Islam. Prinsip operasinya didasarkan atas prinsip bagi hasil, jual beli (Ijarah), dan titipan (Wadiah). Karena itu, meskipun mirip dengan Bank Islam, bahkan boleh dikata menjadi cikal bakal dari Bank Islam, BMT memiliki pangsa pasar tersendiri, yaitu masyarakat kecil yang tidak terjangkau layanan perbankan serta pelaku usaha kecil yang mengalami hambatan “psikologis” bila berhubungan dengan pihak bank. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan rumusan masalahnya: 1) Bagaimana strategi pemasaran produk BMT El-Hamid 156? ? 2) Apakah strategi-strategi itu efektif? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apa saja produk BMT ElHamid 156. 2) Mendiskripsikan strategi pemasaran BMT El-Hamid 156 dalam memasarkan produknya. 3) Mengetahui apakah strategi yang digunakan BMT ElHamid 156 sudah efektif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu metode dengan menggambarkan permasalahan peristiwa baik melaluiresponden ataupun sumber data lain yang terkait dengan BMT EL-HAMID 156. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT El-Hamid 156 untuk dalam penjualan produk BMT yaitu dengan: Meluruskan Niat, Jemput Bola, seluruh karyawan difungsikan sebagai marketing dan dai,memperluas jaringan, menjadi sponsor dalam kegiatan bakti sosial, menekan biaya pemasaran serendah mungkin, dan meningkatkan kualitas layanan terhadap nasabah / anggota BMT El-Hamid 156 dengan fasilitas-fasilitas yang dimiliki BMT El-Hamid156
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | Tina |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2018 13:08 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2018 13:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2624 |
Actions (login required)
Lihat Item |