PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI AKHLAK PERGAULAN REMAJA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Eksperimen di MAN 2 Kota Serang)

IRFAN, ADE MIFTAHUL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI AKHLAK PERGAULAN REMAJA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Eksperimen di MAN 2 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB)
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)
[img] Teks (DAFTAR ISI)
Daftar isi.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (29kB)
[img] Teks (FULL SKRIPSI)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB)

Abstrak

Dewasa ini pergaulan antar remaja bukan hanya ada pada dunia nyata. Tetapi pula pada dunia maya. Dengan kekuatan dunia maya ini dapat menggerakan banyak orang ke arah yang positif maupun ke arah negatif. Tidak dapat dipungkiri pula bahwa pergaulan remaja saat ini semakin memperihatikan dengan maraknya persekusi, hoax dan berbagai hal negatif yang berdampak pada pergaulan remaja itu sendiri. salah satu penyebabnya adalah kurangnya kesadaran literasi yang ada pada diri remaja atau siswa terebut. Sebab, remaja yang telah mempunyai kecakapan literasi akan lebih bersikap kritis dan dapat mencerna apa yang ia baca di dunia maya sehingga tidak asal membagikannya. Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pemahaman siswa terhadap materi akhlak pergaulan remaja mata pelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang. Serta apakah terdapat pengaruh model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman siswa pada materi akhlak pergaulan remaja mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang. Tujuan Penelitian ini adalah menjelaskan bagaimana penerapan model pembelajaran multiliterasi dalam pembelajaran materi akhlak pergaulan remaja mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Kota Serang. Serta Mengetahui peningkatan pemahaman siswa di MAN 2 Kota Serang setelah penerapan model pembelajaran multiliterasi dalam pembelajaran materi akhlak pergaulan remaja pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment atau eksperimen semu dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes, Data dari ini merupakan data primer dalam penelitian ini. Selain itu, dilakukan juga kegiatan non-observasi dan wawancara tidak terstruktur dengan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata (85), sedangkan responden kelas kontrol memiliki nilai rata-rata (70,7). Dapat dikatakan bahwa nilai pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah: Berdasarkan hasil perhitungan statistik, diperoleh skor untuk to adalah = 6,97> tt = 1,667 di tingkat signifikansi 5%. Skor untuk to = 6,97> tt = 2,38 di tingkat signifikansi 1%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan model pembelajaran multiliterasi terhadap pemahaman siswa pada materi Akhlak pergaulan remaja.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak > 2x5.11 Ahlak berdasarkan naqli
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Tina
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2018 03:03
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2018 03:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2545

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.