PRATIWI, YUNIAR AYU (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn PADA POKOK BAHASAN KEBEBASAN BERORGANISASI MELALUI MODEL PAIR CHECK (PTK di Kelas V SDN 1 Sukaraja Kec.Malingping Kab. Lebak). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
COVER PROPOSAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (58kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (316kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (422kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (160kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran PKn di kelas V SDN I Sukaraja yang pada umumnya guru menggunakan metode konvensional pada pembelajarannya, sehingga dalam proses pembelajarannya hanya berpusat pada guru saja (teacher center), sehingga hasil belajar siswapun masih banyak yang belum mencapai nilai KKM. Oleh karena itu, perbaikan dalam pembelajaran sangat dibutuhkan perannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SDN I Sukaraja khususnya untuk mata pelajaran PKn pokok bahasan kebebasan berorganisasi yang salah satunya dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan model pembelajaran pair checks. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan model pair checks pada pembelajaran PKn dalam materi Kebebasan Organisasi, (2) Bagaimana hasil belajar PKn dalam materi Kebebasan Berorganisasi setelah menggunakan model pair checks. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model PTK Kemmis dan Mc Taggart, yang dilakukan di kelas V SDN I Sukaraja dengan jumlah siswa sebanyak 51 orang. Dan model pembelajaran yang digunakan yaitu model Pair Checks. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan yang dilakukan pada siswa kelas V SDN I Sukaraja tepatnya pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Kebebasan Berorganisasi. Yaitu, pada tahap pra siklus presentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya 15,68 %. Pada tahap siklus I presentase ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 36,73 %. Dan pada tahap siklus II presentase ketuntasan hasil beljar siswa meningkat menjadi 86,27 %. Hal ini membuktikan model pembelajaran pair checks dapat menngkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN I Sukaraja.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | MODEL PAIR CHECK;HASIL BELAJAR |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 30 Mar 2017 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 30 Mar 2017 02:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/247 |
Actions (login required)
Lihat Item |