Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

RIYANTI, DWI AYU (2018) Pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img] Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (80kB)
[img] Teks (HALAMAN DEPAN SKRIPSI)
BAGIAN MUKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (47kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (28kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (62kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (81kB)
[img] Teks (BAB IV)
BAB IV.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (125kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (21kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (23kB)

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di MA Annizhomiyyah Jaha Labuan pada tanggal 04 Maret – 10 Mei 2018. Kurangnya inovasi dalam pembelajaran menyebabkan siswa merasa jenuh dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Metode tutor sebaya diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan yang ada. Penulis merasa tertarik untuk meneliti lebih lanjut dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annizhomiyyah Jaha Labuan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen semu pemilihan sampel pada Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design, dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa tes objektif. Hasil analisis uji prasyarat pada hasil pretest Dhitung berjumlah 0,5918 yang berarti berdistribusi tidak normal dengan kesimpulan uji normalitas responden karena Dhitung lebih kecil Dtabel (0,5918 > 0,188) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa responden yang digunakan berdistribusi tidak normal, kemudian hasil posttest Dhitung berjumlah 0,6065 yang berarti berdistribusi tidak normal, dengan kesimpulan uji normalitas responden karena Dhitung lebih kecil Dtabel (0,6056 > 0,188) maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa responden yang digunakan berdistribusi tidak normal dan Ho di tolak. Adapun Kesimpulan Uji Hipotesis Berdasarkan pada hasil uji Mann Whitney U-Test dengan pendekatan kurva z karena n > 20, diperoleh nilai z_hitung=1,90. Karena -z_(1/2 (1-α) )> z_hitung< z_(1/2(1-α)). Dengan z_(1/2(1-α))=z_(1/2(1-0,05))=z_(1/2(0,95))=z_0,475, yang pada daftar distribusi normal baku terletak pada 1,96, maka -1,96>1,90<1,96 sehingga H_0 ditolak. Keadaan tersebut mengartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching) terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Annizhomiyyah Jaha Labuan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Pembelajaran, Tutor Sebaya (Peer Teaching), Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 24 Aug 2018 02:51
Perubahan Terakhir: 24 Aug 2018 02:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/2337

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.