SUPRIADI, DIDI (2017) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE JARIMATIKA (PTK di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
0 Cover Didi Supriadi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (193kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
1 Bab I-V Didi Supriadi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (309kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN BELAKANG)
2 lampiran.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Kegiatan pembelajaran perlu didukung dengan minat yang kuat dari siswa. Seorang guru dituntut mampu menciptakan minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran matematika. Umumnya minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika dinilai masih cukup rendah. Salah satu yang mampu menumbuhkan minat belajar siswa ialah metode hitung dengan menggunakan JARIMATIKA. Metode ini penulis anggap mampu untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dari latar belakang masalah di atas, maka perumusan masalahnya sebagai berikut : Bagaimana penerapan metode perhitungan JARIMATIKA pada pembelajaran matematika di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang? Bagaimana efektifitas penerapan metode perhitungan JARIMATIKA pada pembelajaran matematika di Kelas II MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang? Bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang? Sesuai dengan perumusan masalah tersebut maka tujuan penelitiannya sebagai berikut : Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode perhitungan JARIMATIKA pada pembelajaran matematika di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang. Untuk mengetahui bagaimana efektifitas penerapan metode perhitungan JARIMATIKA pada pembelajaran matematika di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang. Untuk mengetahui bagaimana peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan Kecamatan Walantaka Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Classroom Action Research . Penelitian dilaksanakan terhadap bidang studi matematika Kelas III MI Al Khairiyah Pengampelan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, angket, studi dokumentasi, dan studi pustaka. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 30 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Hipotesisnya ialah bahwa jika pembelajara menggunakan metode JARIMATIKA maka minat belajar siswa akan meningkat. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode JARIMATIKA pada pembelajaran bidang studi matematika siklus 1 diperoleh nilai sebesar 20 dan nilai rata-rata sebesar 0.16 atau sebesar 16%. Pada pelaksanaan siklus II diperoleh nilai observasi sebesar 37 dengan nilai rata-rata sebesar 0.31 atau sebesar 31%. Deskripsi minat belajar siswa pada siklus I sebesar 20 dan nilai rata-rata sebesar 0.16 %. Selanjutnya pada pengamatan siklus II diperoleh nilai sebesar 37 atau 0.31%. hal ini berarti minat belajar siswa mengalami peningkatan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode matematika; Jaritmatika; Metode pembelajaran |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 26 Mar 2017 12:22 |
Perubahan Terakhir: | 26 Mar 2017 12:22 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/206 |
Actions (login required)
Lihat Item |