SUANAH, SUANAH (2018) PERAN GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADIST DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN(Studi di MTs Hidayatut Thalibin Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSWEET.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (104kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
KEASLIAN SKRIPSI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (296kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I BARU.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (301kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB 2 BARU.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (205kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB 3 BARU.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (472kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB 5 BARU.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (143kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Peran guru adalah terciptanya serangkain tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam situasi tertentu serta berhubungan dengan kemajuan perubahan tingkah laku dan perkembangan siswa yang menjadi tujuannya. kemampuan membaca Al - Qur’an merupakan kompetensi yang dimiliki seseorang dalam membaca Al - Qur’an. Kemampuan membaca Al - Qur’an disini masih banyak peserta didik yang kurang mampu dalam membaca Al - Qur’an yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Maka skripsi ini mengkaji tetang peran guru mata pela jaran Al - Qur’an dan Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al - Qur’an. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits dikelas VIII MTs Hidayatut Thalibin T aktakan. 2. Bagaimana kemampuan membaca Al - Qur’an siswa Kelas VIII MTs Hidayatut Thalibin Taktakan. 3. Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemapuan membaca Al - Qur’an elas VIII MTs Hidayatut Thalibin Taktakan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk meng etahui pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits di kelas VIII MTs Hidayatut Thalibin Taktakan. 2 Untuk mengetahui kemampuan membaca Al - Q ur ’ an siswa kelas VIII MTs Hidayatut Thalibin Taktakan. 3. Untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al - Q ur ’an K elas VIII MTs Hidayatut Thalibin Taktakan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode peneltian kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penelitian mengg unakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian gambaran data -data yang telah terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah peran guru mata pelajaran Al - Qur’ an dan Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca Al - Qur’an di MTs Hidayatut Thalibin Taktakan Serang antara lain: Proses pembelajaran Al - Qur’an dan Hadits yang dilaksanakan sesuai dengan metode Iqro mengalami peningkatan dengan sangat baik. Kemampuan me mbaca Al - Qur’an peserta didik sudah cukup baik dengan beberapa tahapan yang dilalui sehingga mengahasilkan peningkatan yang cukup besar,.peran guru mata pelajaran Al - Qur’an dan Hadits berperan sebagai pendidik, pembimbing, pengajar, dan suri tauladan. Sert a membantu peserta didik agar kemampuan membaca Al - Qur’annya lebih meningkat dan pembacaannya pun sesuai dengan kaidah - kaidah Ilmu Tajwid
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PERAN GURU |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 23 Feb 2018 09:36 |
Perubahan Terakhir: | 23 Feb 2018 09:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1808 |
Actions (login required)
Lihat Item |