Anida, Siti Zulfa (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240094_Cover.pdf Download (77kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_Lampiran Depan.pdf Download (495kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_BAB I.pdf Download (98kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (310kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (231kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_BAB V.pdf Download (12kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240094_Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas V SD Assa'adah Global Islamic School (AGIS) Kota Serang. Populasi seluruh siswa SD Assa’adah Global Islamic School dengan sampel yang terdiri dari dua kelas V yaitu kelas V Ar-Rofi sebagai kelas kontrol dan kelas V Al-Khafidz sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group kontrol. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model PBL dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes essay (pretest dan posttest) serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen setelah diterapkannya model PBL, dengan rata-rata posttest sebesar 82,76, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai rata-rata 71,38. Hasil uji Independent Sample T Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kedua kelas. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Pembelajaran Berbasis Masalah, Berpikir Kritis, IPAS, Pembelajaran Inovatif, Sekolah Dasar |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 30 Sep 2025 06:36 |
| Perubahan Terakhir: | 30 Sep 2025 06:36 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17624 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
