Muflikhah, Muflikhah (2021) Implementasi Media Audiobook Pada Siswa Tunanetra Di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak (Kualitatif model Context, Input, Proses & Produk). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240055_COVER.pdf Download (199kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (652kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_BAB I.pdf Download (226kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (279kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (243kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (440kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_BAB V.pdf Download (90kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_171240055_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses belajar siswa tunanetra dan mengetahui tingkat kemampuan menyimak siswa tunanetra dalam memahami pelajaran dengan menggunakan media audiobook di SDN 1 Bendung Tanara. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Kualitatif Deskriptif Model CIPP (Context, Input, Process and Product). Subyek dalam penelitian ini yaitu seorang siswi tunanetra lowvision kelas 6 SDN 1 Bendung Tanara. Objek penelitian ini yaitu kemampuan siswi tunanetra dalam menyimak sebuah materi pelajaran dengan menggunakan media audiobook. Setting penelitian mengambil di sekolah dan di rumah subyek. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Anak tunanetra dapat belajar dengan baik seperti siswa normal lainnya dengan menggunakan metode ceramah. 2) Anak tunanetra memiliki kemampuan menyimak yang cukup baik pada saat proses pembelajaran meskipun hanya dengan mengandalkan indera pendengarannya saja. 3) Anak tunanetra menunjukkan kemampuan menggunakan media audiobook dengan baik yakni presentase mencapai 74%.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media, Media Audiobook, Tunanetra. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Sep 2025 03:40 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Sep 2025 03:40 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17613 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
