Puteri, Suci Nabila (2025) Pengembangan Media Flashcard IPA Terintegrasi Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240007_COVER.pdf Download (191kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (459kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_BAB I.pdf Download (416kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (493kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (788kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_BAB V.pdf Download (56kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240007_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar flashcard dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan uji kelayakan pada media ini mendapatkan masing-masing presentasi validator ahli materi 92% dan validator ahli media 90% dengan demikian berdasarkan kriteria termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar flashcard dinyatakan layak digunakan dengan hasil rekapitulasi validasi sebesar 91%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas media ajar flashcard dalam keterampilan berpikir kritis dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan skor 0,76 (76%), yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan memiliki kriteria tinggi. Dengan demikian, media ajar flashcard terbukti efektif untuk keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Flashcard, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAS |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 16 Sep 2025 07:48 |
| Perubahan Terakhir: | 16 Sep 2025 07:48 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17560 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
