Suhendar, Ujang (2024) Kaligrafi dalam Manuskrip Al-Qur’an di Banten: Sejarah dan Perkembangan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_IAT_201320097_Cover.pdf Download (529kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Lampiran Depan.pdf Download (646kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Bab I.pdf Download (307kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (398kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (244kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (741kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Bab V.pdf Download (120kB) |
|
|
Teks
S_IAT_201320097_Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) |
Abstrak
Banten sebagai salah satu daerah dengan sejarah panjang dalam penyebaran Islam di Indonesia, menyimpan berbagai manuskrip Al-Qur'an yang dihias dengan kaligrafi. Perkembangan kaligrafi di Banten tidak lepas dari pengaruh ulama, seniman, dan masyarakat yang menganggap kaligrafi sebagai bentuk ibadah dan ekspresi seni yang mulia. maka perlu merumuskan masalah agar penelitian dapat diarahkan sesuai alur pembahasan. Berdasarkan permasalahan diatas maka rumusan permasalahan dalam penelitian ini ialah 1. Bagimana Kaligrafi dalam Manuskrip Al-Qur’an di Banten?. 2. Bagaimana Keragaman Karakteristik Kaligrafi dalam Manuskrip Al-Qur’an di Banten ? Adapun tujuan dari skripsi ini adalah: 1. Untuk Mengetahui Kaligrafi dalam Manuskrip Al-Qur’an di Banten. 2. Untuk Mengetahui Keragaman Karakteristik Kaligrafi dalam Manuskrip AlQur’an di Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, Penelitian ini meliputi penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan, dengan fokus pada analisis Manuskrip/Naskah Al-Qur'an yang tersimpan, di Masjid Agung, di Makam Pangeran Mas dan di Perpusnas. Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: Secara keseluruhan, kaligrafi Al Qur'an Banten tidak hanya menjadi komponen penting warisan budaya Indonesia, namun juga menggambarkan bagaimana berbagai tradisi kreatif dan budaya berinteraksi hingga mempengaruhi karakter kaligrafi Islam di daerah ini. Oleh karena itu, manuskrip-manuskrip ini memiliki nilai sejarah dan seni yang tinggi selain makna keagamaannya, sehingga layak untuk dilestarikan dan dipelajari lebih lanjut. Naskah Al-Qur'an Banten memperlihatkan ciri khas Naskhi yang tidak terdapat dalam tradisi kaligrafi di tempat lain. Beberapa mushaf yang masih ada menggunakan gaya penulisan Banten, kemiripan yang paling mencolok di antara mushaf Al Qur'an Banten adalah seluruh tulisan tangannya menggunakan gaya Naskhi khas "Naskhi Banten". Ada yang berpendapat bahwa para penyalin Al-Qur'an di Banten secara historis cenderung memiliki gaya Naskhi mereka yang khas, “Naskhi Banten” hadir dalam dua varian. Waw dan ra' pertama ditarik ke atas, seperti dalam Naskhi Indo-Persia, meskipun dua ekor lainnya, waw dan ra', lebih mirip dengan Muhaqqaq. Dapat disimpulkan bahwa varian Naskhi Banten telah digunakan secara konsisten dan terus menerus, di gaya tradisi Naskhi Al-Bhagdadi dan Muhaqqaq India dan Persia mempunyai pengaruh terhadap Naskhi Al-Qur'an di Banten, meskipun sebenarnya dilakukan dengan standar yang berbeda.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kaligrafi, manuskrip, Banten, khat naski |
| Subjek: | 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran |
| Divisi: | Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran dan Tafsir |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 10 Sep 2025 07:25 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Sep 2025 07:25 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17533 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
