Pengaruh Metode Lauh terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa (Studi Eksperimen di MTs Al Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Kabupaten Serang)

Diyanah, Nur Ika (2025) Pengaruh Metode Lauh terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa (Studi Eksperimen di MTs Al Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210033_Cover.pdf

Download (218kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_Lampiran Depan.pdf

Download (644kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (380kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (332kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_BAB V.pdf

Download (193kB)
[img] Teks
S_PAI_211210033_Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande dan pengaruh metode Lauh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Kabupaten Serang. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Experiment. Dengan menggunakan tes pilihan ganda sebagai instrumennya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII B MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini hanya dilaksanakan pada satu kelas saja yaitu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Temuan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode Lauh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 dengan demikian berdasarkan dasar pengambilan keputusan menunjukkan bahwa Ha diterima, dan Ho ditolak. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan skor rata-rata pada pre-test sebesar 65.14 kemudian setelah adanya perlakuan (treatment) skor rata-rata pada post-test menjadi 73.86. Berdasarkan tafsiran pengaruh N-Gain berada pada persentase 59 % dengan keterangan cukup berpengaruh. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Lauh berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Lauh, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Pretest-Posttest, Pre Experiment
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Aug 2025 09:00
Perubahan Terakhir: 25 Aug 2025 09:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17423

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.