Diyanah, Nur Ika (2025) Pengaruh Metode Lauh terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa (Studi Eksperimen di MTs Al Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_211210033_Cover.pdf Download (218kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_Lampiran Depan.pdf Download (644kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_BAB I.pdf Download (350kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (380kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (396kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_BAB V.pdf Download (193kB) |
|
|
Teks
S_PAI_211210033_Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande dan pengaruh metode Lauh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande Kabupaten Serang. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Experiment. Dengan menggunakan tes pilihan ganda sebagai instrumennya. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VII B MTs Al-Khoir Islamic School Bin Baz 5 Cikande yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini hanya dilaksanakan pada satu kelas saja yaitu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Temuan hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode Lauh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05 dengan demikian berdasarkan dasar pengambilan keputusan menunjukkan bahwa Ha diterima, dan Ho ditolak. Selain itu dilihat dari hasil perhitungan yang menunjukkan skor rata-rata pada pre-test sebesar 65.14 kemudian setelah adanya perlakuan (treatment) skor rata-rata pada post-test menjadi 73.86. Berdasarkan tafsiran pengaruh N-Gain berada pada persentase 59 % dengan keterangan cukup berpengaruh. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode Lauh berpengaruh terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Metode Lauh, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an, Pretest-Posttest, Pre Experiment |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
| Tanggal Disetorkan: | 25 Aug 2025 09:00 |
| Perubahan Terakhir: | 25 Aug 2025 09:00 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17423 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
