Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Digital pada Materi Tatacara Bersuci untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII di MTsN 4 Kabupaten Serang

Bilqis, Quinn (2025) Pengembangan Bahan Ajar Fiqih Berbasis Digital pada Materi Tatacara Bersuci untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VII di MTsN 4 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_211210137_Cover.pdf

Download (115kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Lampiran Depan.pdf

Download (496kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Bab I.pdf

Download (247kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (680kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (466kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (792kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Bab V.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_PAI_211210137_Daftar Pustaka.pdf

Download (308kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektivan bahan ajar fiqih berbasis digital pada materi tatacara bersuci terhadap peningkatan pemahaman siswa kelas VII di MTsN 4 Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Adapun hasil penelitian dan pengembangan ini meliputi : (1) Prosedur pengembangan bahan ajar Fiqih berbasis digital pada materi tata cara bersuci dilakukan secara sistematis merujuk pada model ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. (2) Uji kelayakan bahan ajar Fiqih berbasis digital oleh validator ahli materi dan media menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan produk ini adalah 92% dengan kategori sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. (3) Dan uji keefektivan bahan ajar Fiqih berbasis digital terhadap peningkatan pemahaman siswa terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tata cara bersuci dan dinyatakan efektif untuk digunakan pada kelas VII MTsN 4 Kabupaten Serang, dengan skor N-Gain yang tinggi yaitu 0,79. Respon positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa bahan ajar ini tidak hanya menarik, tetapi juga mampu meningkatkan minat serta pemahaman siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahan ajar fiqih berbasis digital, pemahaman siswa, tatacara bersuci
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 20 Aug 2025 02:26
Perubahan Terakhir: 20 Aug 2025 02:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17378

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.