Pengembangan Media Pop-Up Book dalam Memvisualisasikan Materi Ibadah Haji untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (R&D di Kelas V SDIT Ibadurrahman Ciruas)

Tariana, Chintia Halisa (2025) Pengembangan Media Pop-Up Book dalam Memvisualisasikan Materi Ibadah Haji untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (R&D di Kelas V SDIT Ibadurrahman Ciruas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211210029_Cover.pdf

Download (141kB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Lampiran Depan.pdf

Download (779kB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Bab I.pdf

Download (420kB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Bab V.pdf

Download (163kB)
[img] Teks
S_PGMI_211210029_Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap materi ibadah haji akibat terbatasnya media pembelajaran yang menarik. Dibutuhkannya variasi media untuk menarik perhatian siswa sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam memahami konsep materi ibadah haji. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis Pop-Up Book, (2) menilai kelayakan media tersebut, (3) mengetahui tingkat minat belajar siswa, serta (4) menguji efektivitas media dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket; data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pop-Up Book dinilai sangat layak oleh ahli media (88%), ahli materi (94%), dan guru (100%). Uji coba terhadap siswa juga menunjukkan respons sangat positif, baik pada skala kecil (84,5%) maupun besar (93,3%). Minat belajar siswa meningkat secara signifikan, dari 46,75% (kategori rendah) sebelum penggunaan media, menjadi 88% (kategori sangat tinggi) setelahnya. Dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up Book terbukti efektif terhadap peningkatan minat belajar siswa pada materi ibadah haji.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Minat belajar siswa, materi ibadah haji, media pop-up book
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 19 Aug 2025 02:45
Perubahan Terakhir: 19 Aug 2025 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17362

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.