Hardiyanti, Hani (2024) Pengaruh Model PAKEM terhadap Kemampuan Membaca Lancar Siswa Kelas 3 di SDN Sukajadi (Kuasi Eksperimen di Kelas 3 SDN Sukajadi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
S_PGMI_201240048_Cover.pdf Download (204kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Lampiran Depan.pdf Download (992kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Bab I.pdf Download (220kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (368kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (420kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (411kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Bab V.pdf Download (180kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_201240048_Daftar Pustaka.pdf Download (175kB) |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model PAKEM terhadap kemampuan membaca lancar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain Nonequevalent Control Group Desaign dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan Model PAKEM dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa, hal ini dibuktikan dengan membandingkan hasil pretest dan posttest pada kedua kelas dengan nilai rata-rata pada kelas kontrol (3 A) sebesar 60 dan posttest sebesar 80,60, dan nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen (3 B) sebesar 30,60 dan nilai rata-rata posttest sebesar 87,60. Pada kedua kelas mengalami peningkatan nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan bahwa kelas yang melakukan pembelajaran menggunakan model PAKEM mengalami peningkatan yang lebih besar dari kelas yang tidak menggunakan model PAKEM. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t didapat nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,40. Artinya pada kelas eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan membaca lancar siswa yang menggunakan model PAKEM dengan siswa yang tidak menggunakan model PAKEM. Oleh karena itu, dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model PAKEM terhadap peningkatan kemampuan membaca lancar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 3.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Membaca lancar, model PAKEM |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 13 Aug 2025 01:32 |
| Perubahan Terakhir: | 13 Aug 2025 01:32 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17314 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
