Pengaruh Permainan Maze Chase Berbasis Media Word Wall terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Perubahan Wujud Benda

Adawiah, Anisa Robiatul (2025) Pengaruh Permainan Maze Chase Berbasis Media Word Wall terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Perubahan Wujud Benda. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240088_Cover.pdf

Download (132kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Lampiran Depan.pdf

Download (674kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Bab I.pdf

Download (263kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (192kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Bab V.pdf

Download (79kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240088_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan edukatif Maze Chase berbasis media Wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada materi perubahan wujud benda. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain post-test only, non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN Tegal Kembang, dengan sampel sebanyak 83 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan permainan Maze Chase dalam pembelajaran, sedangkan kelas kontrol menggunakan poweroint. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan permainan Maze Chase terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t-test yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 3,775 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,02108, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan permainan Maze Chase dengan siswa yang tidak menggunakannya. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan edukatif dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep sains.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Permainan edukatif, maze chase, wordwall, hasil belajar, perubahan wujud benda
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2025 07:02
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2025 07:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.