Pengembangan Media Ajar Paludarium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Alam Siswa Kelas V Min 1 Kabupaten Serang.

Mahbubillah, Maulana Yusuf (2025) Pengembangan Media Ajar Paludarium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Alam Siswa Kelas V Min 1 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240092_COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (613kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240092_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar paludarium dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan uji kelayakan pada media ini mendapatkan masing-masing presentasi validator ahli materi 86,15% dan validator ahli media 89,3% dengan demikian berdasarkan kriteria termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar paludarium dinyatakan layak digunakan dengan hasil rekapitulasi validasi sebesar 93,34%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas media ajar paludarium dalam keterampilan berpikir kritis dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan skor 0,75 (74,72%), yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan memiliki kriteria tinggi. Dengan demikian, media ajar paludarium terbukti efektif untuk keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Paludarium, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAS.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jul 2025 04:38
Perubahan Terakhir: 22 Jul 2025 04:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17175

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.