Mahbubillah, Maulana Yusuf (2025) Pengembangan Media Ajar Paludarium Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Ekosistem Alam Siswa Kelas V Min 1 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_211240092_COVER.pdf Download (22kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_BAB I.pdf Download (342kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (613kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_BAB V.pdf Download (271kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_211240092_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (478kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar paludarium dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan uji kelayakan pada media ini mendapatkan masing-masing presentasi validator ahli materi 86,15% dan validator ahli media 89,3% dengan demikian berdasarkan kriteria termasuk dalam kategori “sangat layak”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ajar paludarium dinyatakan layak digunakan dengan hasil rekapitulasi validasi sebesar 93,34%, yang termasuk dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas media ajar paludarium dalam keterampilan berpikir kritis dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan rumus N-Gain. Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain menunjukkan skor 0,75 (74,72%), yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal ini dapat disimpulkan memiliki kriteria tinggi. Dengan demikian, media ajar paludarium terbukti efektif untuk keterampilan berpikir kritis siswa khususnya pada mata pelajaran IPAS.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Media Paludarium, Keterampilan Berpikir Kritis, IPAS. |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
| Tanggal Disetorkan: | 22 Jul 2025 04:38 |
| Perubahan Terakhir: | 22 Jul 2025 04:38 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17175 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
