Munta’al, Muhammad (2024) Implementasi Nilai- nilai Karakter Dalam Buku Sirah Nabawiyah Karya Ibnu Hisyam Dalam Membentuk Perilaku Peserta Didik MTsN 1 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210102_COVER.pdf Download (139kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_COVER.pdf Download (139kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_Pernyataan Keaslian Skrips.pdf Download (5MB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_BAB I.pdf Download (700kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (334kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (464kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_BAB V.pdf Download (7kB) |
|
|
Teks
S_PAI_191210102_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (423kB) |
Abstrak
ujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi nilai-nilai Karakter di MTsN 1 Kabupaten Serang, mengetahui perilaku peserta didik di sekolah MTsN 1 Kabupaten Serang, dan juga mengetahui implementasi nilai-nilai karakter dalam buku sirah nabawiyah karya Ibnu Hisyam dalam membentuk perilaku peserta didik MTsN 1 Kabupaten Serang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang peneliti lakukan yaitu mengamati perilaku peserta didik dan kegiatan implementasi nilai-nilai karakter. Wawancara yang dilakukan disini berupa wawancara tak terstruktur terhadap narasumber secara langsung, yang menjadi narasumbernya adalah kepela sekolah, guru dan peserta didik. Sedangkan dokumentasi meliputi foto-foto kegiatan hasil observasi dan foto-foto hasil wawancara. Yang kemudian melalui data tersebut dijelaskan dan dideskripsikan untuk mendapatkan pemahaman mengenai fenomena yang terjadi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, implementasi nilai-nilai karakter di MTsN 1 Kabupaten Serang berupa kegiatan pembiasaan yang belum berjalan dengan optimal, karena dalam membentuk nilai-nilai karakter masih terdapat peserta didik yang belum disiplin serta terdapat beberapa peserta didik yang tidak bisa dikondisikan serta pengawasan dari pendidik yang belum optimal ketika melaksanakan proses pembelajaran. Sedangkan Implementasi nilai-nilai karakter dalam buku sirah nabawiyah karya Ibnu Hisyam dalam membentuk perilaku peserta didik ini berupa pembiasaan yang dilaksanakan oleh peserta didik dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter dalam buku sirah nabawiyah karya Ibnu Hisyam, seperti kejujuran, sopan santun, amanah, tanggung jawab, sabar, disiplin dan kerjakeras. Serta Perilaku peserta didik di sekolah tersebut secara umum sudah baik karena secara umum peserta didik mencerminkan perilaku yang baik sebagaimana mestinya, walapun masih terdapat beberapa peserta didik yang belum menunjukan kedisiplin, sopan santun dan nilai-nilai yang penting dimiliki oleh peserta didik itu sendiri.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Informasi Tambahan: | Pembimbing 1 : Hj. Umi Kulsum Pembimbing 1I: Repa Hudan Lisalam |
| Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Nilai-nilai Karakter, Perilaku Peserta Didik |
| Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | MM Tsulatsiah Andi |
| Tanggal Disetorkan: | 21 Jul 2025 06:52 |
| Perubahan Terakhir: | 10 Nov 2025 06:33 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17163 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
