Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V MI

Al Ayubi, M. Sholahudin (2024) Pengembangan Media Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPAS Kelas V MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240103_Cover.pdf

Download (182kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Lampiran Depan.pdf

Download (824kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Bab I.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (613kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Bab V.pdf

Download (257kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240103_Daftar Pustaka.pdf

Download (380kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V MI Mathlaul Anwar Pusat Menes. Hal ini di sebabkan kurangnya media pembelajaran dan antusias peserta didik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada pelajaran IPAS materi permasalahan lingkungan mengancam kehidupan di kelas V MI. 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPAS kelas V SD. 3) Apakah terdapat peningkatan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan media puzzle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D) Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Prosedur pengembangan media puzzle menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). 2) kelayakan media puzzle untuk hasil penilaian 1 ahli media memperoleh nilai akhir 92% dengan kategori "Sangat Layak". Sedangkan penilaian 2 ahli materi memperoleh nilai akhir 90% dengan kategori "Sangat Layak". Selanjutnya penilaian kuesioner respon peserta didik. kuesioner respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata persentase 84,10% dengan kategori "Sangat Baik". Selanjutnya hasil dari penilaian untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dengan menggunakan instrument berpikir kreatif memperoleh hasil nilai 87%. Dengan demikian media Puzzle untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Sangat Layak untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media puzzle, berpikir kreatif, pembelajaran IPAS
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I FN H
Tanggal Disetorkan: 21 Jul 2025 04:17
Perubahan Terakhir: 21 Jul 2025 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17159

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.