Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android (Aplikasi SABIQ) pada Mata Pelajaran Fikih (R&D di MTsN 1 Kota Serang)

Nurulgina, Dede (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android (Aplikasi SABIQ) pada Mata Pelajaran Fikih (R&D di MTsN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks
S_PAI_201210059_Cover.pdf

Download (385kB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Bab I.pdf

Download (405kB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (801kB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (635kB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Bab V.pdf

Download (196kB)
[img] Teks
S_PAI_201210059_Daftar Pustaka.pdf

Download (437kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengembangan media pembelajaran oleh guru, sehingga siswa memiliki minat dan motivasi yang rendah, yang berakibat pada kurangnya pemahaman mereka terhadap mata pelajaran Fikih. Selain itu, masih minim media pembelajaran yang efektif dan menarik yang dapat membantu siswa memahami mata pelajaran Fikih dengan lebih baik. Berdasarkan latar belakang ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi SABIQ (Sahabat Belajar Fiqih) sebagai media pembelajaran pada materi ketentuan puasa, untuk mengetahui kelayakan serta mengetahui respon siswa terhadap aplikasi SABIQ. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret 2024 hingga September 2024 di MTsN 1 Kota Serang. Hasil penilaian kelayakan dari ahli materi untuk aplikasi SABIQ memperoleh nilai sebesar 92% dan nilai dari ahli media memperoleh nilai sebesar 90,7%. Kedua nilai tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Hasil uji respon siswa memperoleh nilai sebesar 84% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi SABIQ diperoleh nilai dengan presentase sebesar 82% siswa mencapai ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi SABIQ pada materi ketentuan puasa untuk siswa MTs kelas VIII sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, aplikasi SABIQ, materi puasa
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah NH
Tanggal Disetorkan: 21 Jul 2025 04:00
Perubahan Terakhir: 21 Jul 2025 04:00
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17158

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.