Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD

Mutiara, Tania (2025) Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_211240090_COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (819kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PGMI_211240090_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 1 Kabupaten Serang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Eksperimen dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dengan jumlah sampel 56 siswa, penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas I A yang berjumlah 28 sebagai kelompok kontrol dan kelas I B berjumlah 28 sebagai kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil yang menggunakan media flash card dibandingkan dengan pembelajaran konvensional nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 59,50. Setelah diberi perlakuan dengan penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan siswa, nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan menjadi 87,86. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 64,86. Dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 82,25. Adapun hasil penelitian ini terdapat pengaruh penggunaan media flash card terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MIN 1 Kabupaten Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Flash Card, Kemampuan Membaca Permualaan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.4 Membaca, Belajar Membaca
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 21 Jul 2025 04:04
Perubahan Terakhir: 21 Jul 2025 04:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/17156

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.