Ningsih, Linda Putri (2021) Implementasi Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Metode SQ3R pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Penelitian Kualitatif pada Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SDN Serang 13). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240013_Cover.pdf Download (224kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Lampiran Depan.pdf Download (763kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Bab I.pdf Download (454kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (368kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Bab V.pdf Download (219kB) |
|
|
Teks
S_PGMI_161240013_Daftar Pustaka.pdf Download (217kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam membaca pemahaman di kelas III masih rendah. Dalam kegiatan pembelajaran Dalam kegiatan pembelajara membaca siswa mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan, menjawab pertanyaan yang berasal dari teks bacaan, kesulitan ketika diminta untuk menceritakan kembali bacaan yang telah mereka baca, dan siswa juga kesulitan dalam menentukan kalimat utama dan ide pokok dari suatu paragraf. Selain itu media yang digunakan kurang menarik perhatian siswa. Subjek penelitian yang dikenai tindakan ini adalah siswa kelas III SDN Serang 13 yang berjumlah 11 siswa. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite dan review) siswa di kelas III SDN Serang 13 mengalami peningkatan setelah pembelajaran membaca pemahaman melalui metode SQ3R membuktikan bahwa siswa mampu berpartisipasi lebih aktif di dalam proses pembelajaran. Siswa mampu mengikuti langkah-langkah dalam metode SQ3R yang terdapat dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada siswa dapat dilihat dengan siswa mampu menjawab pertanyaan mengenai bacaan, siswa mampu menceritakan kembali isi teks bacaan yang telah dibaca, dan siswa mampu mengidentifikasi kata yang belum dipahami.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Kemampuan membaca pemahaman, metode SQ3R |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| User Penyetor: | S.S.I Fadhilah NH |
| Tanggal Disetorkan: | 17 Jun 2025 04:09 |
| Perubahan Terakhir: | 17 Jun 2025 04:09 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16989 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
