Maimunah, Al (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV SDN Sirongge. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210122_Cover.pdf Download (450kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Lampiran Depan.pdf Download (712kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Bab I.pdf Download (321kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (582kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (665kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (718kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Bab V.pdf Download (249kB) |
|
|
Teks
S_PAI_201210122_Daftar Pustaka.pdf Download (280kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent control grup design populasi atau objek penelitian adalah seluruh kelas IV SDN Sirongge Kec. Mancak Kab. Serang dengan total 44 siswa. Tahap uji instrument yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji validasi, reliabilitas, Tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bamboo dancing memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, siswa pada kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata post-test sebesar 70, 23 dan rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 62,50. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV yang diajarkab dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing lebih tinggi disbanding dengan model pembelajaran konvensional. Yaitu dengan hasil uji independent sampel t test sebesar (0,013 < 0,05). Kesimpulan pada penilitian ini adalam penggunaan model pembelajaran bamboo dancing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
| Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
|---|---|
| Kata Kunci (keywords): | Model pembelajaran, bamboo dancing, hasil belajar, quasi eksperimen |
| Subjek: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu |
| Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| User Penyetor: | S.S.I FN H |
| Tanggal Disetorkan: | 04 Jun 2025 02:37 |
| Perubahan Terakhir: | 04 Jun 2025 02:37 |
| URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16943 |
Actions (login required)
![]() |
Lihat Item |
