Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Rangkasbitung

Nurapidah, Siti (2025) Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420057_Cover.pdf

Download (173kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_Lampiran Depan.pdf

Download (794kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (596kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (743kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_BAB V.pdf

Download (118kB)
[img] Teks
S_PBS_191420057_Daftar Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstrak

Merger dari tiga bank syariah BUMN yakni BRI Syariah, BNI Syariah dan Bank Syariah Mandiri, yang menjadi satu entitas yakni PT Bank Syariah Indonesia (BSI) yang mulai beroperasi pada tanggal 01 Februari 2021, lalu mengakibatkan berbagai perubahan baik dari sisi internal maupun eksternal perusahaan. Bisa dilihat dari segi aset, jumlah penyaluran pembiayaan serta Dana Pihak Ketiga (DPK), sektor perbankan syariah di Indonesia telah tumbuh dan berkembang dengan baik. Mengalami pertumbuhan Aset sebesar 9,22% Rp 545,39 triliun, Penyaluran Pembiayaan 10,13% Rp 377,53 triliun, DPK 8,99% Rp 430,21 triliun, Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Seberapa besar pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Rangkasbitung? 2) Seberapa besar pengaruh Kualitas Layanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung? 3) Seberapa besar pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN dan Kualitas Layanan secara simultan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Rangkasbitung. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Merger Tiga Bank Syariah BUMN dan Kualitas Layanan secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Rangkasbitung. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dimana metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh merger tiga bank syariah BUMN dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah yang ditampilkan dalam bentuk persamaan regresi berganda. Metode uji kualitas data (uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas), uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas) sert menggunakan uji hipotesis (uji t dan uji f), dan analisis koefesien determinasi (R²) dengan menggunakan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh merger tiga bank syariah BUMN dan kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BSI KCP Rangkasbitung secara persial dan simultan. Kontribusi pengaruh merger tiga bank syariah dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah mencapai 32,8% sedangkan sisanya sebesar 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini seperti promosi, tarif, product feature, dan lain-lain

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Merger, Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Mei 2025 04:01
Perubahan Terakhir: 20 Mei 2025 04:01
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16833

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.