Pengembangan Media MAJATIKA Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Siswa Kelas II SD/MI.

Amalia, Yusti (2025) Pengembangan Media MAJATIKA Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pecahan Siswa Kelas II SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240059_COVER.pdf

Download (164kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (561kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (656kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240059_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan teori pengembangan, mendeskripsikan prosedur pengembangan, mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan Media MAJATIKA Berbasis Budaya Lokal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Reseacrh and Development) yang mengacu pada model pengembangan dari Thiagarajan yaitu model 4D yang terdiri atas empat tahap, yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, angket validasi produk, angket respon guru dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil uji validasi kelayakan pada aspek materi, aspek desain pembelajaran dan desain media diperoleh skor rata-rata 4,9 dan termasuk kategori layak untuk digunakan pada tahap selanjutnya. Sedangkan hasil uji IRR yaitu kesepakatan para validator, diperoleh skor 82 % dengan kategori baik dan dapat di uji coba kan. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan sebelum dan setelah menggunakan media. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pre-test 61,1 dan post-test 84,5. Hasil uji-t dengan metode dependent samples t-test, dapat diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Jadi, disimpulkan bahwa penggunaan media MAJATIKA berbasis Budaya Lokal memberikan pengaruh positif dan signifikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pecahan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media MAJATIKA, Materi Pecahan, Hasil Belajar, dan Siswa Kelas II MI
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 22 Jan 2025 04:10
Perubahan Terakhir: 22 Jan 2025 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16164

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.