PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA N 4 Kota Serang)

MAHMUDAH, RIFA'ATUL (2018) PENGARUH METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di SMA N 4 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (87kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
pernyataan keaslian skrpsi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (417kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (146kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor salah satunya adalah proses pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Kurangnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agam a Islam tersebut disebabkan oleh siswa yang merasa jenuh terhadap pembelajaran yang menggunakan metode konvensional . Penyampaian ceramah yang tidak dibarengi dengan peragaan dan contoh hanya bersifat verbalistik dan membosankan. Upaya yang digunakan untuk m engatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan metode Cooperative Script . Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 4 kota Serang mengetahui pengaruh metode coo perative script terhadap hasil belajar s iswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 4 Kota Serang dan mengetahui perbedaan m etode Cooperative Script terhadap dengan siswa yang menggunakan metode konvensional . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik penarikan sampel menggunakan random cluster sampling untuk memilh dua kelas, diantaranya yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrument pengambilan data menggunakan tes.Prasyaratan normalitas menggunakan rumus chi kuadrat dan homogenitas dihitung menggunkan uji F. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil belajar kelas yang menggunakan me tode cooperative script lebih baik daripada kelas yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dari hasil uji - t pada hasil belajar PAI setelah perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung sebesar 2,759 lebih besar dari f tabel pada taraf signifikasi 0,05 yakni 1,661 sehingga 2,759 > 1,661 , H o ditolak dan H a diterima dengan presentase skor terbesar 80,06% > 59,28% . Dengan demikian penggunaan metode cooperative script berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Cooperative Script. Hasil Belajar, PAI
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 01 Feb 2018 02:09
Perubahan Terakhir: 01 Feb 2018 02:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.