MAULIDA, SHELLA (2017) PENERAPAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TENTANG KERAGAMAN SOSIAL DAN BUDAYA BERDASARKAN KENAMPAKAN ALAM (PTK di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
Teks (COVER)
COVER SNOWBAAL THROWING.docx Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (75kB) |
||
|
Teks (ABSTRAK)
LAMPIRAN DEPAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (437kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I LATAR BELAKANG.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II KAJIAN TEORI.docx neeewwww.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (214kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V penutup.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (132kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penerapan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Keragaman Sosial dan Budaya Berdasarkan Kenampakan Alam (PTK di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan)”. Shella Mulida1 dan Zaki Ghufron2 Abstrak Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran kurang bervariasi, masih menggunakan metode ceramah, alat peraga/media jarang sekali digunakan. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Maka, pembaharuan pembelajaran sangat dibutuhkan dalam meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model Snowball Throwing diharapkan hasil belajar siswa dapat meningkat. Model Snowball Throwing adalah melemparkan bola dari kertas yang berisi pertanyaan. Dan metodologi penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kesimpulan diperoleh menunjukan adanya perbaikan peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini ditandai dengan nilai hasil belajar siswa yang pada pra siklus hanya 16,67% dengan nilai rata-rata siswa 42,17 dan pada siklus I mencapai 43,33% dengan nilai rata-rata 60,03 kemudian pada siklus II lebih meningkat menjadi 86,67% nilai ketuntasan dengan nilai rata-rata siswa 80,5. Dengan demikian, dari pra siklus dan siklus II mengalami peningkatan pada hasil belajar siswa yaitu sebesar 70%. Maka, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi keragaman sosial dan budaya berdasarkan kenampakan alam pada pelajaran IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kenampakan Alam, dan Snowball Throwing
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Hasil Belajar, Kenampakan Alam, dan Snowball Throwing |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 14 Mar 2017 02:53 |
Perubahan Terakhir: | 14 Mar 2017 02:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/161 |
Actions (login required)
Lihat Item |