Fajriyah, Whesya (2024) Tahlil Kitab al-Madrasi "Semangat Fasih Berbahasa Arab" Lishshoffi al-'Ashir fii al-Madrosah ats-Tsaanawiyah al-Islamiyah Li Hasan Saifullah al-Maqror 'ala Manhaj al-Hurriyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_PBA_201220034_Cover.pdf Download (382kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_Lampiran Depan.pdf Download (878kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_BAB I.pdf Download (583kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (778kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (505kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (562kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_BAB V.pdf Download (381kB) |
|
Teks
S_PBA_201220034_Daftar Pustaka.pdf Download (394kB) |
Abstrak
Bahasa Arab berperan penting dalam konteks global, karena bahasa ini merupakan bahasa resmi di banyak negara di Jazirah Arab dan sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia. di Indonesia bahasa Arab termasuk sebagai mata pelajaran wajib, terutama di sekolah-sekolah agama. Kurikulum merdeka yang diluncurkan pada tahun 2019 merupakan pendekatan baru untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Namun, implementasinya masih terbatas di beberapa tingkat kelas, termasuk kelas 10 di sekolah menengah keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah buku "Semangat Fasih Berbahasa Arab" untuk Kelas 10 Madrasah Aliyah Karya Hasan Saifullah Berbasis Kurikulum Merdeka memenuhi kriteria penilaian buku teks pelajaran yang telah ditetapkan oleh BSNP dari segi kelayakan materi, penyajian, bahasa, dan kegrafikan. . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dianalisis melalui analisis isi berdasarkan kriteria penilaian BSNP yaitu kelayakan materi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini memiliki banyak keunggulan, seperti kesesuaian materi dengan investigasi pembelajaran, keakuratan isi, relevansinya dengan perkembangan bahasa Arab, dan relevansinya dengan budaya Indonesia. Penyajian materi sistematis dan menarik, serta mendukung pembelajaran individu dan kelompok. Bahasa yang digunakan sesuai dengan tata bahasa dan sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Secara keseluruhan, buku ini sebagian besar memenuhi kriteria kelayakan. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki, seperti kurangnya penilaian kemampuan berbahasa pada setiap bab, ketidaksesuaian dengan perkembangan siswa, dan desain sampul buku yang tidak konsisten.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bahasa Arab, Kurikulum Merdeka, Kriteria Penilaian BSNP, Analisis isi, Buku Teks Semangat Fasih Berbahasa Arab |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 23 Des 2024 02:33 |
Perubahan Terakhir: | 23 Des 2024 02:33 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/16082 |
Actions (login required)
Lihat Item |