Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbantuan Canva pada Pelajaran PPKN di Kelas IV SD (R&D pada Kelas IV SDN Tejamari 1)

Pramesti, Resvi Dian (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbantuan Canva pada Pelajaran PPKN di Kelas IV SD (R&D pada Kelas IV SDN Tejamari 1). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_201240030_Cover.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Lampiran Depan.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Bab I.pdf

Download (365kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (621kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (653kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Bab V.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240030_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran pada pelajaran PPKn di kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran komik berbantuan Canva pada pelajaran Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (PKKn), dan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran komik berbantuan Canva pada pelajaran PPKn materi pola hidup bergotong royong di kelas IV SD. Adapun penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) ini menggunakan model Brog & Gall yang terdiri dari 5 tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validasi, revisi desain, dan uji coba produk. Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa sebelum melakukan uji coba produk kepada guru kelas dan siswa. Adapun hasil analisis data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli media, angket ahli materi, angket ahli bahasa, angket guru kelas IV, angket siswa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil analisis data, bahwa media pembelajaran komik berbantuan Canva dikategorikan Sangat Baik dengan penilaian ahli media 87,8% rata-rata 4,38, ahli materi 95,6% rata-rata 4,78, ahli bahasa 98% rata-rata 4,9, dan dikategorikan Baik dengan penilaian angket guru kelas dengan nilai 74% rata-rata 3,7. Adapun hasil data uji coba produk berdasarkan analisis data yang diuji cobakan kepada siswa melalui angket dengan nilai 91,8% rata-rata 4,59 termasuk dalam kategori sangat baik atau layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran, komik, canva, pendidikan pancasila kewarganegaraan
Subjek: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 12 Des 2024 03:18
Perubahan Terakhir: 12 Des 2024 03:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15971

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.