Juraerah, Erah (2024) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Mempromosikan dan Meningkatakan Daya Saing Lembaga (Studi di SMK Bismillah Padarincang dan SMK Darunnajah Pabuaran). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_212625002_Cover.pdf Download (162kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_BAB I.pdf Download (180kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (486kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (420kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Teks
T_MPI_212625002_Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan dalam mempromosikan dan mendapatkan siswa baru di SMK Bismillah dan SMK Draunnajah yang merupakan sekolah menengah kejuruan di wilayah padarincang dan pabuaran. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui perencanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan di SMK Bismillah dan SMK Darunnajah, untuk mengetahui manajemen pemasaran jasa dalam mempromosikan dan meningkatkan daya saing lembaga di SMK Bismillah dan SMK Darunnajah serta untuk mengetahui kendala dalam mengimplementasikan pemasaran jasa pendidikan dalam mempromosikan dan meningkatkan daya saing lembaga di SMK Bismillah dan SMK Darunnajah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuasi kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, sumber data pada penlitian ini adalah para informan penelitian yang meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, Masyarakat dan dokumen-dokumen yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menujukkan bahwa; SMK Bismillah Padarincang telah menerapkan manajemen pemasaran pendidikan yang cukup baik, yaitu 1) dengan menentukan visi, misi, tujuan sekolah, 2) analisis ancaman dan peluang eksternal, 3) perbandingan ancaman dan peluang eksternal, 4) merencanakan pemasaran dengan beberapa media seperti: media cetak, media social, dan menawarkan program sekolah. Kemudian SMK Darunnajah yaitu; 1) menganalisis dan mengidentifikasi pasar, 2) menganalisis target atau sasaran pasar dan 3) mengadakan rapat persiapan promosi 4) mempromosikan lembaga dengan memasang spanduk, menyebar brosur, memasang iklan dan sosialisai ke sekolahan lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Pemasaran, Promosi, Daya Saing |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Des 2024 08:36 |
Perubahan Terakhir: | 03 Des 2024 08:36 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15876 |
Actions (login required)
Lihat Item |