Nurhakim, Farchan (2024) Implementasi Profil Pelajar Pancasila pada Mapel PAI (Studi di SD Citra Islami dan SDIT AYA SOPHIA Kabupaten Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_PAI_212621036_Cover.pdf Download (14kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_Lampiran Depan.pdf Download (612kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_BAB I.pdf Download (281kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (335kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (503kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_BAB V.pdf Download (171kB) |
|
Teks
T_PAI_212621036_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) |
Abstrak
Penekanan dari kurikulum merdeka adalah membangun karakter siswa yang sesuai dengan elemen – elemen profil pelajar Pancasila, akan tetapi profil pelajar Pancasila ini baru di kenal kalangan pendidik. Hal ini menjadikan profil pelajar Pancasila kurang maksimal dalam proses pembelajaran. Profil pelajar Pancasila masih belum maksimal di sosialisasikan di sekolah – sekolah, kurangnya juga sarana dan prasarana di sekolah karena profil pelajar Pancasila ini membuat projek pembelajaran dan karakter siswa masih banyak yang belum terbentuk dengan baik serta siswa masih belum paham mengenai nilai – nilai Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi profil pelajar Pancasila pada mapel PAI di SD Citra Islami dan SDIT Aya Sophia Kabupaten Tangerang, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi profil pelajar Pancasila pada mapel PAI di SD Citra Islami dan SDIT Aya Sophia Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif untuk memperoleh data yang lengkap dan objektif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi profil pelajar Pancasila pada mapel PAI di SD Citra Islami dan SDIT Aya Sophia. Dalam menerapkan profil pelajar Pancasila dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Profil pelajar Pancasila di SD Citra Islam perencanaan nya yaitu menggunakan modul ajar. Implementasinya yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia yang diwujudkan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta pembacaan asmaul husna. evaluasi nya masih ada siswa yang belum paham dan hafal asmaul husna. Profil pelajar Pancasila di SDIT Aya Sophia perencanaan nya yaitu shalat duha yang didukung oleh pihak sekolah sehingga menjadi pembiasaan di sekolah bahkan di buatkan jadwal pembacaan do’a shalat duha untuk siswa hal tersebut sesuai dengan modul ajar. Implementasinya yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia yang diwujudkan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran serta pelaksanaan rutin shalat duha. evaluasi nya masih ada siswa yang belum hafal niat dan do’a shalat duha, belum disiplin melaksanakan shalat duha. Faktor pendukung implementasi profil pelajar Pancasila yaitu kurikulum merdeka dalam profil pelajar Pancasila sudah terlaksana di semua kelas, karena di sekolah lain masih ada yang bertahap seperti di kelas 1 dan 4 saja serta tersedianya sarana dan prasarana. Ada pun faktor penghambat implementasi profil pelajar Pancasila masih ada siswa yang belum memahami asamaul husna dan shalat duha ini perlunya bimbingan dari guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila dan PAI |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 28 Nov 2024 07:48 |
Perubahan Terakhir: | 28 Nov 2024 07:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15828 |
Actions (login required)
Lihat Item |