Pengaruh Sosialisasi dan Digital Marketing terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwakaf Uang

Ulfah, Ulfah (2024) Pengaruh Sosialisasi dan Digital Marketing terhadap Minat Mahasiswa dalam Berwakaf Uang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_201410109_Cover.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_201410109_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_201410109_BAB I.pdf

Download (312kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_201410109_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img] Teks
S_ES_201410109_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_ES_201410109_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (650kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_201410109_BAB V.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_201410109_Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pemahaman terhadap wakaf masih sering terbatas atas wakaf harta benda tidak bergerak, seperti tanah, sekolah, masjid, pemakaman dan pesantren. Padahal, ada juga wakaf atas benda bergerak berupa uang dan benda bergerak selain uang. Minimnya informasi dalam bentuk sosialisasi membuat pemahaman masyarakat menjadi sangat terbatas. Sosialisasi merupakan sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan, nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam suatu kelompok atau masyarakat. Selain Sosialisasi, strategi pemasaran yang inovatif dari Lembaga wakaf menjadi salah satu strategi dalam mengembangkan wakaf uang di Indonesia. Digital marketing adalah sebuah teori pemasaran memalui teknologi digital dalam menawarkan produk yang dimiliki oleh suatu lembaga atau perusahaan Perumusan masalah pada penelitian ini antara lain : 1) Apakah sosialisasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang? 2) Apakah digital marketing berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang? 3) Apakah sosialisasi dan digital marketing berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang?. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui pengaruh sosialisasi terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang 2) Untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang. 3) Untuk mengetahui pengaruh sosialisasi dan digital marketing terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan sampel Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah FEBI UIN SMH Banten Angkatan 2020 yang pernah melakukan wakaf yang berjumlah 65 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sosialisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang dengan nilai thitung 1,637 < ttabel 1,998. Variabel digital marketing berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang dengan nilai thitung 4,361 > ttabel 1,998. Variabel sosialisasi dan digital marketing wakaf secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwakaf uang dengan nilai Fhitung 44,974 > Ftabel 3,15. Nilai koefisien determinasi yaitu 0,592 berarti sosialisasi dan digital marketing wakaf mampu menjelaskan terhadap variabel minat mahasiswa dalam berwakaf uang sebesar 59,2% dan sisanya 40,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diukur pada penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): sosialisasi, digital marketing, minat mahasiswa dalam berwakaf uang
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.251 Sedekah, Infaq, Amal Jariyah, Wakaf, Hibah
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 22 Nov 2024 07:23
Perubahan Terakhir: 22 Nov 2024 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15791

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.