تطوير نموذج تعلم النحو على أساس حل المشكلات باستخدام طريقة لا تكسل (بحث تطويري في الصف العاشر بالمدرسة المهنية يان بنتين)

Nurhadi, Nurhadi (2024) تطوير نموذج تعلم النحو على أساس حل المشكلات باستخدام طريقة لا تكسل (بحث تطويري في الصف العاشر بالمدرسة المهنية يان بنتين). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_222622104_Cover.pdf

Download (198kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_222622104_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_222622104_BAB I.pdf

Download (431kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PBA_222622104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img] Teks
T_PBA_222622104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
T_PBA_222622104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (709kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_222622104_BAB V.pdf

Download (149kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PBA_222622104_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Setiap disiplin ilmu yang dapat diajarkan pada peserta didik pasti memiliki metode dan model pembelelajaranya sendiri guna menghasilkan capaian hasil pembelajaran yang diinginkan, tidak terkecuali ilmu nahwu. Sebagai sarana ilmu yang wajib dikuasai terutama bagi santri atau siswa yang bergelut dibidang kebahasaaraban. Tentunya penelitian ini dilatarbelakangi oleh keluh kesah santri yang masih merasa sulit dalam mempelajari ilmu nahwu menggunakan suatu metode yang disebut metode “La taksal”. Sehingga dari adanya kasus tersebut, dilakukanlah penelitian pengembangan ini dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas pembelajaran nahwu berbasis metode la taksal bagi santri atau siswa yang menggunakanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE dengan tahap-tahap yang meliputi: Analisis, mendesain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Dengan menggunakan pendekatan kolaborasi antara pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran meliputi Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), Format Evaluasi dan Penilaian yang dapat dijadikan pedoman bagi pendidik dalam mengajar nahwu untuk mencapai tujuan pembelajaran nahwu yang diinginkan. model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan mampu menumbuhkan pemikiran kritis terhadap materi-materi nahwu bagi peserta didik. Dan setelah melalui berberapa tahap dalam penelitian ditemukanlah data validasi dari para ahli dengan skor rata-rata kelayakan yang cukup memuaskan yaitu 3,45 dengan kategori sangat valid dan layak digunakan. Kemudian dari hasil analisis data melalui validasi lapangan dengan tes lapangan pertama/pretest dan uji coba produk utama/postest yang dilakukan menyatakan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan capaian hasil pembelajaran bagi peserta didik dalam pelajaran ilmu Nahwu. Tentunya dari peningkatan tersebut mampu memberikan dorongan dan motivasi tersendiri bagi peserta didik untuk terus berkembang dan meningkatkan kemampuan gramatikal bahasa Arabnya. Data tersebut dapat dibuktikan dengan analisis lanjutan yang membandingan data hasil analisis pretest dengan capaian rata-rata 69,5% dan postest dengan capaian rata-rata 85,9% sehingga dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran mempengaruhi kualitas serta meningkatkan hasil capaian pembelajaran nahwu.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan, Model Pembelajaran, Problem Based Learning
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Magister > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 08 Nov 2024 04:03
Perubahan Terakhir: 08 Nov 2024 04:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15664

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.