Pengembangan Media Peta Interaktif Keragaman Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Reasech and Development di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan)

Rafidah, Farah (2024) Pengembangan Media Peta Interaktif Keragaman Budaya Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS (Reasech and Development di Kelas IV MI Mathla’ul Anwar Kademangan Kota Tangerang Selatan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240075_COVER.pdf

Download (285kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240075_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240075_BAB I.pdf

Download (414kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240075_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (488kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240075_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (595kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240075_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240075_BAB V.pdf

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240075_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mengingat kembali materi yang telah disampaikan oleh guru. Hal ini salah satunya disebabkan oleh terbatasnya media pembelajaran yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media Peta Keragaman Budaya Indonesia Interaktif pada materi Indonesia Kaya Budaya, untuk memudahkan siswa dalam memahami suku dan budaya. Metode yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model ADDIE yaitu dengan tahapan analisis, desain, development, implementasi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, pre-test, dan post-test. Proses uji coba produk dilakukan oleh 33 siswa kelas IV. Hasil Validasi media memperoleh hasil 98,8% dan Validasi materi memperoleh 95% yang menunjukkan kategori ”sangat layak”, hasil dari angket siswa memperoleh hasil 87,21% dan angket guru meperoleh 84,4 % termasuk dalam kategori ”sangat baik”, Sedangkan untuk Kefektifan media diketahui dari hasil kentutasan belajar, dilakukan dengan pretest dan posttest. Dilihat dari ketuntasan belajar siswa, media Peta Keragaman Budaya Indonesia mempeoleh nilai N-Gain 0,78 dengan kategori ”tinggi” yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan media Peta Keragaman Budaya Inodonesia ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, Media Peta Keragaman Budaya Indonesia, Reasech and Development
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Nov 2024 04:29
Perubahan Terakhir: 07 Nov 2024 04:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15653

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.