Bayinah, Bayinah (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Mini Book Pada Siswa Kelas V SDN Pontang 2 (PTK di Kelas V SDN Pontang 2). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240093_COVER.pdf Download (241kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240093_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (457kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240093_BAB 1.pdf Download (238kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240093_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (253kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240093_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240093_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (575kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240093_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240093_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan dengan menggunakan media mini book Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pontang 2 dengan jumlah sampel 20 siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan sebanyak 17,05% dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa diperoleh sebanyak (64,25) dengan persentase ketuntasan mencapai 40% dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai (81,6) dengan persentase ketuntasan mencapai 85%. Selain meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 1 yang mencapai persentase sebanyak 69,11% dan pada siklus 2 ,mencapai persentase sebanyak 86,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | - |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 07 Nov 2024 03:53 |
Perubahan Terakhir: | 07 Nov 2024 03:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15650 |
Actions (login required)
Lihat Item |