Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Mini Book Pada Siswa Kelas V SDN Pontang 2 (PTK di Kelas V SDN Pontang 2)

Bayinah, Bayinah (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Mini Book Pada Siswa Kelas V SDN Pontang 2 (PTK di Kelas V SDN Pontang 2). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240093_COVER.pdf

Download (241kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240093_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (457kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240093_BAB 1.pdf

Download (238kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (253kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (385kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240093_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240093_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis karangan dengan menggunakan media mini book Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pontang 2 dengan jumlah sampel 20 siswa. Untuk mengetahui hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas yang mengalami peningkatan sebanyak 17,05% dari siklus 1 ke siklus 2. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa diperoleh sebanyak (64,25) dengan persentase ketuntasan mencapai 40% dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa mencapai (81,6) dengan persentase ketuntasan mencapai 85%. Selain meningkatkan hasil belajar, aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus 1 yang mencapai persentase sebanyak 69,11% dan pada siklus 2 ,mencapai persentase sebanyak 86,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media mini book dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): -
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan > 372.6 Kemampuan Berbahasa untuk Pendidikan Dasar
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 07 Nov 2024 03:53
Perubahan Terakhir: 07 Nov 2024 03:56
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15650

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.