Huriadi, Mohammad Dera (2024) تطوير الكتاب التدريبي لتحسين مهارة الكتابة (بحث تطويري في الصف السابع بمدرسة الولدان الإسلامية الثالثة تانجيرانج الجنوبية). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_212622003_Cover.pdf Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622003_Lampiran Depan.pdf Download (545kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622003_BAB I.pdf Download (398kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_212622003_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (478kB) |
||
Teks
T_PBA_212622003_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (557kB) |
||
Teks
T_PBA_212622003_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (388kB) |
||
|
Teks
T_PBA_212622003_BAB V.pdf Download (3MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_212622003_Daftar Pustaka.pdf Download (253kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Yang melatarbelakangi dikembangkannya buku pelatihan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada kelas VII di Sekolah Islam Al-Wildan 3 Tangerang Selatan ini yaitu penulis mengawali dengan memperhatikan aspek menulis karena siswa yang lemah dalam bidang tersebut karena menulis adalah keterampilan linguistik yang produktif selain berbicara. Oleh karena itu, siswa harus memiliki kemampuan berbahasa yang cukup, termasuk kemampuan menulis. Mereka harus mengetahui kosa kata yang cukup, memahami tata bahasa dan tanda baca, cara menyusun pesan atau gagasan, serta mengetahui topik yang ingin ditulis. Oleh karena itu, keterampilan menulis dianggap sebagai salah satu keterampilan linguistik yang paling sulit dibandingkan dengan keterampilan linguistik lainnya, sehingga timbul permasalahan ketika menguasai keterampilan tersebut, antara lain masalah psikologis, linguistik, dan kognitif. Tujuan penelitian adalah : 1.) Mengetahui Ciri-ciri Kitab Arabiyah baina yadaika jilid satu bagian satu. 2.) Pengetahuan pengembangan tes menggunakan buku pelatihan yang ditulis oleh peneliti berjudul “Langkah Menguasai Keterampilan Menulis.” 3.) Mengetahui hasil ulangan siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, peneliti menggunakan pendekatan Reaserch and Development (R&D) dengan menggunakan enam langkah pengembangan. Hasil pengembangan tes dengan menggunakan buku pelatihan diperoleh hasil pre-test sebesar 39% dan hasil post-test sebesar 44%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | pengembangan penelitian, pengujian siswa menggunakan buku Langkah Menguasai Keterampilan Menulis |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 06 Nov 2024 08:30 |
Perubahan Terakhir: | 07 Nov 2024 03:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15632 |
Actions (login required)
Lihat Item |