Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Siklus Makhluk Hidup Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (R&D di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Huda Paleuh)

Nurhasanah, Nurhasanah (2024) Pengembangan Bahan Ajar IPA Materi Siklus Makhluk Hidup Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (R&D di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Huda Paleuh). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240039_COVER.pdf

Download (376kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240039_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240039_BAB I.pdf

Download (322kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240039_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (597kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240039_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240039_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240039_BAB V.pdf

Download (120kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240039_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar ajar 2) mengetahui kelayakan bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas IV. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D. Berdasarkan hasil penelitian prosedur yang dilakukan mengacu pada model 4D yang terdiri dari 4 langkah yakni (1). Define, (2). Design, (3). Develop, dan (4). Disseminate. Penelitian dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Huda Paleuh dengan uji coba dilakukan kepada 9 siswa Madrasah Ibtidaiyah. Berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli materi skor rata-rata produk 96% artinya produk telah mencapai predikat sangat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)” dan berdasarkan hasil analisis terhadap lembar validasi ahli media skor rata-rata produk 85% artinya produk telah mencapai predikat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)”. Dan produk mendapat sambutan baik dari guru terbukti dengan hasil angket respon guru yaitu 77% artinya produk telah mencapai predikat baik menurut aspek penilaian dan dinilai “layak (Valid)”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar layak untuk diuji cobakan di sekolah. Berdasarkan hasil uji coba modul ajar kepada siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Mathlaul Huda Paleuh, siswa terlihat bersemangat dan tertarik mengikuti pembelajaran dengan modul ajar hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket respon siswa yaitu sebesar 100% dalam hal ini menunjukan respon positif dari siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul ajar ini dapat kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV SD/MI terutama pada materi siklus makhluk hidup mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bahan Ajar, HOTS, Pembelajaran IPA, Siklus Makhluk Hidup
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 05 Nov 2024 07:43
Perubahan Terakhir: 05 Nov 2024 07:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15629

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.