Kamalia, Mila (2024) Pengembangan Media Big Book Tajwid Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran BTQ Materi Nun Mati Dan Tanwin Di MTs Negeri 1 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_201210028_COVER.pdf Download (176kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210028_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (783kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210028_BAB I.pdf Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_201210028_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (760kB) |
||
Teks
S_PAI_201210028_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (315kB) |
||
Teks
S_PAI_201210028_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (731kB) |
||
|
Teks
S_PAI_201210028_BAB V.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_201210028_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran Big Book Tajwid pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) materi Nun Mati dan Tanwin kelas VII C serta untuk menguji kelayakan dan keefektifan media tersebut dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan dan keefektifan siswa dalam pembelajaran BTQ karena kurangnya inovasi dalam media pembelajaran, hal tersebut mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa dan ketertarikan dalam mempelajari mata pelajaran BTQ hukum bacaan nun mati dan tanwin. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D), menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah : (1) Produk media pembelajaran Big Book Tajwid yang sudah melalui tahap ADDIE (2) Kelayakan media pemebelajaran Big Book Tajwid yang memperoleh nilai presentase 98% dari dosen ahli media dan 88% Dari dosen ahli materi. Berdasarkan penilaian tersebut maka media pembelajaran Big Book Tajwid ini termasuk pada katagori “Sangat layak” (3) keefektifan media pembelajaran Big Book tajwid ini dilihat dari hasil belajar siswa melalui pretest dan posttest memperoleh rata-rata N-Gain mencapai 76,40%. Dari hasil perolehan hasil skor tersebut maka dapat dikatakan efektif karena telah mencapai syarat kriteria yang ditetapkan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Big Book Tajwid, Hasil Belajar Siswa, BTQ. |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2024 08:15 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2024 08:15 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15589 |
Actions (login required)
Lihat Item |