Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Kabupaten Serang)

Purwanti, Siwi (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi di kelas VIII MTs Al-Khairiyah Pabuaran Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210110_COVER.pdf

Download (70kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210110_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (669kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210110_BAB I.pdf

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_191210110_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (379kB)
[img] Teks
S_PAI_191210110_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (429kB)
[img] Teks
S_PAI_191210110_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (651kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210110_BAB V.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_191210110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran PBL, mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa, dan menjelaskan efektivitas model pembelajaran PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Pabuaran Kabupaten Serang. Adapun manfaat penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan dan pengetahuan guru tentang model pembelajaran PBL. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian quasi eksperiment jenis Nonequivalent Control Group Design, dengan sampel 26 siswa pada kelas eksperimen dan 25 pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari uji hipotesis yaitu Ha diterima dan Ho ditolak, karena berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, terlihat siswa lebih aktif dalam bertanya dan menanggapi pertanyaan, mengungkapkan idenya, menganalisis masalah yang terjadi sehingga siswa dapat mengevaluasi masalah tersebut, serta dapat menemukan solusi terhadap suatu masalah yang sedang dan akan dialami. Selain itu dapat dilihat dari skor hasil tes dengan perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 9,3 pada variabel X dan 10,48 pada variabel Y. Hasil uji tes juga dinyatakan normal karena memiliki nilai signifikasi di atas 0,5, dan tes dinyatakan relevan karena nilai alpha lebih besar dari 0,60 yang artinya soal tes dapat dikatakan baik. Dengan demikian model pembelajaran PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di MTs Al-Kahiriyah Pabuaran Kabupaten Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Berpikir Kritis.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 29 Okt 2024 07:35
Perubahan Terakhir: 29 Okt 2024 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.