Pengaruh Media Sandpaper Letters Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan (Pre- eksperimen di Kelas III SKh Negeri 01 Kota Serang)

Nurjanah, Tuti (2024) Pengaruh Media Sandpaper Letters Untuk Meningkatkan Keterampilan Mengenal Huruf Anak Tunagrahita Ringan (Pre- eksperimen di Kelas III SKh Negeri 01 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240018_COVER.pdf

Download (214kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240018_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (846kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240018_BAB I.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_201240018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (428kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (374kB)
[img] Teks
S_PGMI_201240018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (612kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240018_BAB V.pdf

Download (140kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_201240018_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan mengenal huruf siswa tunagrahita sebelum dan sesudah menggunakan media sandpaper letters di kelas III SKh negeri 01 Kota Serang. Penelitian ini adalah penelitian non-parametrik dengan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimen menggunakan desain penelitian one grup pretest-posttest dengan sampel berjumlah lima orang siswa. Penggunaan media sandpaper letters untuk mengenalkan huruf kepada siswa tunagrahita menghasilkan rata-rata sebesar 81. Sementara rata-rata yang diperoleh siswa sebelum menggunakan media sandpaper letters sebesar 48. Teknik pengumpulan data berupa tes berjumlah 10 butir soal yang sudah divalidasi sebelumnya. Kemudian dianalisis dengan pengujian statistik menggunakan uji wilcoxon didapatkan nilai asymp.sig (2-tailed) sebesar 0,043 dan lebih kecil dari nilai α yaitu 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan mengenal huruf anak tunagrahita sebelum menggunakan media sandpaper letters dan sesudah menggunakan media sandpaper letters.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): mengenal huruf, media pembelajaran, siswa tunagrahita
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.E. Amelia Nurazizah Wijaya
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2024 09:13
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2024 09:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.