Holilah, Siti Holifatul (2024) Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pancasila dan Nilai-nilai Dasar Pancasila (R&D di Kelas 4 SDN Mekarjaya). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240120_COVER.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240120_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (578kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240120_BAB I.pdf Download (183kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240120_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (315kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240120_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (364kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240120_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (241kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240120_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240120_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penilitian adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media, mengetahui kelayakan media dan mengetahui keefektifan media pop up book di SDN Mekarjaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4-D menurut teori Thiagarajan, yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif dengan sampel 10 siswa kelas 4 di SDN Mekarjaya. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek materi/bahasa yang melibatkan beberapa validator dengan latarbelakang profesi yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil rekapitulasi secara keseluruhan berdasarkan validator memperoleh nilai 4,53 dengan katagori “sangat baik” sehingga produk media pop up book materi pancasila dan nilai-nilai dasar pancasila layak digunakan pada siswa kelas IV SD. Selain itu juga nilai hasil belajar siswa dengan rata-rata 85 apabila diubah menjadi presentase siswa yang tuntas yaitu 90%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | media pop up book, Pemahaman, Pancasila dan nilai dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.E. Amelia Nurazizah Wijaya |
Tanggal Disetorkan: | 27 Sep 2024 08:46 |
Perubahan Terakhir: | 27 Sep 2024 08:46 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15344 |
Actions (login required)
Lihat Item |