Sugiri, R. Asep Hidayat (2023) Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Transaksional, dan Visioner Terhadap Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah di Banten. Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
D_MPI_193680013_Cover.pdf Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_MPI_193680013_Lampiran Depan.pdf Download (289kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_MPI_193680013_Bab I.pdf Download (229kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
D_MPI_193680013_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (371kB) |
||
Teks
D_MPI_193680013_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (239kB) |
||
Teks
D_MPI_193680013_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (337kB) |
||
|
Teks
D_MPI_193680013_Bab V.pdf Download (44kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_MPI_193680013_Daftar Pustaka.pdf Download (148kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Mutu pendidikan di madrasah sangat dinantikan keunggulannya oleh para guru dan staf serta orangtua murid yang menyekolahkan putra-putrinya di madrasah aliyah pada khususnya, sehingga madrasah punya kesungguhan kualitas dan kuantitas dengan sekolah umum baik dari jumlah peminat anak didik maupun kualitas dan mutu pendidikan yang didapatkan oleh para murid yang menimba ilmu di madrasah di Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan metode penelitian kuantitatif, dengan menggunakan populasi dan sampel. Jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 200 orang guru dan staff, dan sampel sebanyak 136 orang guru dan staff, berasal dari MAN 1 kota Serang, MAN 2 kota Serang, MAN 1 Kabupaten Serang dan MAN 2 kota Tanggerang, yang diambil menggunakan rumus Taro Yamane atau Slovin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pengaruh gaya kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan, karena madrasah yang kurang profesional mengakibatkan madrasah dalam keadaan tidak memenuhi standar. Dampaknya kegiatan pendidikan yang dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan jadi tidak tercapai dan tidak berkualitas. Berdasarkan analisis data, interprestasi hasil penelitian dan pembahasan yang telah disampaikan sebelumnya, maka dapat dikemukakan bahwa Gaya kepemimpinan transformasional, gaya kepemimpinan transaksional dan gaya kepemimpinan visioner secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan madrasah di Banten, dengan tingkat signifikansi 0,000. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan madrasah di Banten dengan koefisien regresi 0,326 dan tingkat signifikansi 0,000. Gaya kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap mutu pendididkan madrasah di Banten dengan koefisien regresi 0,135 dan tingkat signifikansi 0,140. Gaya kepemimpinan visioner berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan madrasah di Banten dengan koefisien regresi 0,439 dan tingkat signifikansi 0,000.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Doktoral) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Gaya Kepemimpinan Transformasional, Gaya Kepemimpinan Transaksional, Gaya Kepemimpinan Visioner, Mutu Pendidikan Madrasah |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Program Doktor > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 04 Sep 2024 04:52 |
Perubahan Terakhir: | 04 Sep 2024 04:52 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15105 |
Actions (login required)
Lihat Item |