Purnama, Rheina Rahmah (2024) Pengembangan Media Creativity Box dalam Mengenalkan Rukun Islam pada Anak Usia 5-6 Tahun TK As-Syifa Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Cover.pdf Download (338kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Lampiran Depan.pdf Download (828kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Bab I.pdf Download (394kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (771kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260048_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (754kB) |
||
Teks
S_PIAUD_201260048_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Bab V.pdf Download (299kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_201260048_Daftar Pustaka.pdf Download (5MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam, 2) untuk kelayakan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK As-Syifa Kabupaten Tangerang yang berjumlah 12 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ada 5 tahap yaitu analiysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Adapun hasil dari penelitian dan pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun dapat disimpulkan bahwa pengembangan media ini telah menghasilkan produk berupa media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun dan sudah dikembangkan dengan tahapan-tahapan yang dilakukan menggunakan model ADDIE dengan hasil validasi ahli media dapat presentase sebesar 95%. Dengan jumlah skor ini diketahui bahwa media pembelajaran ini dinyatakan “Sangat Layak” untuk digunakan. Begitupun dengan hasil kelayakan pengembangan media creativity box dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun ini dilakukan pada 12 anak dan dapat dilihat berdasarkan hasil pre-test 59,3% dan post-test 91,14% yang mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran creativity box efektif dalam mengenalkan rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan Media Creativity Box, Media Pembelajaran, Pengenalan rukun Islam, Anak Usia 5-6 Tahun |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 02 Sep 2024 08:26 |
Perubahan Terakhir: | 02 Sep 2024 08:26 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/15074 |
Actions (login required)
Lihat Item |